Selasa, 04 Oktober 2016

Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam Kegiatan Ekonomi

A. Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya

Sumber daya alam digolongkan menjadi dua macam, yaitu:

1. Sumber daya alam yang dapat diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat diusahakan kembali agar selalu tersedia. Sumber daya alam ini dapat tersedia terus menerus asal diusahakan oleh manusia. Sumber daya alam ini pemakaiannya harus efisien dan dijaga agar tidak cepat rusak. Contohnya tanah, air bersih, udara dan makhluk hidup (tumbuhan dan hewan)

2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jika dipakai terus menerus maka akan habis. Manusia tidak bisa membuat apalagi memperbanyak. Agar manusia bisa memanfaatkan dengan awet adalah dengan cara penghematan. Contohnya adalah bermacam-macam bahan tambang.
Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia adalah sebagai berikut.

1. Sumber Daya Alam Tanah

Tanah dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam, permukiman, aktivitas ekonomi seperti pembuatan pabrik, pasar, toko, dan lain-lain.

2. Sumber Daya Alam Air

Air sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia untuk minum, mandi, mencuci, pengolahan bahan makanan, irigasi, sampai untuk transportasi, juga untuk pembangkit tenaga listrik.

3. Sumber Daya Alam Udara

Udara bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan manusia, binatang, dan tumbuhan misalnya untuk bernapas. Udara juga bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan energi seperti energi panas pada gas.

4. Sumber Daya Alam Tumbuhan dan Hewan

Tumbuhan dan hewan dimanfaatkan umat manusia sebagai bahan makanan, pakaian, dan obat-obatan. Hampir semua bahan makanan manusia berasal dari hewan dan tumbuhan.

5. Sumber Daya Alam Minyak Bumi

Minyak bumi dapat diolah menjadi berbagai macam bahan bakar yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, misalnya minyak tanah, solar, pertamax, premium, avtur dan sebagainya. Semua jenis bahan bakar tersebut digunakan oleh rumah tangga dan industri untuk bahan bakar sarana transportasi dan pengolahan bahan baku.

6. Sumber Daya Alam Bahan Tambang

Bahan tambang selain minyak bumi adalah batu bara, bahan-bahan mineral, bauksit dan berbagai macam logam. Pemanfaatannya adalah untuk bahan bakar, obatobatan, pem-buatan sarana dan prasarana transportasi, perhiasan, bahan bangunan, dan lain-lain.

B. Sumber Daya Alam dan Kaitannya dengan Kegiatan Ekonomi

      Sumber daya alam yang ada di bumi ini diciptakan oleh Tuhan untuk dimanfaatkan oleh manusia. Pemanfaatan itu digunakan untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan umat manusia. Sumber daya alam itu diolah oleh manusia melalui proses produksi yang menghasilkan barang kemudian dijual ke konsumen. Proses pengolahan sumber daya alam sampai pemakaian di tangan konsumen ini dinamakan kegiatan ekonomi.
    Sumber daya alam laut menyediakan ikan, rumput laut, mutiara, garam-garam mineral dan tumbuhan laut lainnya. Salah satu bentuk kegiatan ekonomi adalah ikan dan binatang laut ditangkap oleh para nelayan kemudian dijual di tempat pelelangan ikan untuk selanjutnya didistribusikan kepada konsumen.
    Mutiara laut dicari oleh para penyelam mutiara. Selain mencari mutiara para penyelam juga mencari tumbuhan laut, rumput laut, dan batu-batuan laut. Mutiara laut dan batu-batuan laut diasah oleh para pengrajin untuk selanjutnya dibuat perhiasan yang mahal harganya lalu dijual ke konsumen.
Tumbuhan laut dan rumput laut dapat diolah menjadi bahan makanan dan obat-obatan. Selain itu, garam mineral dapat diolah menjadi bahan obat-obatan dan vitamin. Dari sumber daya alam laut terdapat banyak sekali kegiatan ekonomi yang dapat dijalankan. Kegiatan ini menyerap tenaga kerja yang cukup banyak.
      Untuk mengolah minyak bumi, tembaga, emas, perak, timah, batubara, serta berbagai macam sumber daya alam lainnya diperlukan alat-alat yang sangat modern. Selain itu, kegiatan tersebut juga menyerap banyak tenaga kerja.
Sumber daya alam tersebut apabila dikelola dalam kegiatan ekonomi dapat digolongkan dalam jenis usaha antara lain sebagai berikut.

1. Usaha Agraris

Usaha agraris bergerak dalam pengelolaan usaha tanah seperti pertanian, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan lain-lain. Dalam pengelolaannya, usaha ini berkaitan dengan keadaan alam seperti iklim, cuaca, keadaan tanah, air, dan sebagainya.

2. Usaha Ekstraktif

Usaha ekstraktif kegiatannya mengolah dan mengelola penggalian, mengambil, mengumpulkan kekayaan dari alam yang sudah tersedia, seperti pertambangan, pembuatan garam, serta budidaya mutiara.

3. Usaha Industri

Usaha industri adalah usaha mengolah bahan mentah menjadi barang siap untuk dikonsumsi. Bahan-bahan mentah didapatkan dari sumber daya alam yang ada.

4. Usaha Jasa

Usaha-usaha di atas harus ditunjang dengan usaha jasa seperti jasa angkutan, pergudangan, keuangan dan lain-lain.

C. Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam

       Jika manusia tidak hati-hati dalam memanfaatkan sumber daya alam, maka lama kelamaan sumber daya alam tersebut akan rusak bahkan habis. Berbagai cara untuk menjaga kelestarian sumber daya alam adalah sebagai berikut.

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Cara menjaga kelestarian sumber daya alam ini misalnya:
  1. Tidak membuang limbah ke sungai dan laut.
    Penambangan minyak lepas pantai harus memerhatikan  ekosistem laut, dan penangkapan ikan tidak menggunakan bahan peledak atau beracun.
  2. Tidak membuang kotoran ke aliran air atau danau, tidak membuat semua tanah tertutup semen agar tidak mudah terjadi banjir.
  3. Melakukan penghijauan atau reboisasi, terutama di sepanjang jalan yang banyak asap knalpot kendaraan bermotor agar udara tetap bersih.
  4. Tanah perlu dipupuk, penanaman dengan cara tumpang sari, tidak menebang hutan sembarangan, serta mengadakan pengairan yang baik agar tanah tetap subur.
  5. Tidak menangkap hewan langka dan merusak hutan lindung sembarangan.

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam ini berupa bahan tambang di antaranya adalah minyak bumi. Jumlah cadangan BBM semakin sedikit sehingga perlu penghematan dengan cara berikut.
  1. Penggunaan bahan bakar pengganti minyak tanah seperti bio gas dari kotoran ternak.
  2. Pembuatan motor atau mobil dengan tenaga matahari yang sekarang ini sudah mulai banyak dipakai.
  3. Penggunaan sarana transportasi seperti sepeda sangat menghemat energi minyak bumi. Hal ini
    sudah dilaksanakan di negara maju seperti negara Jepang.



Sumber : www.pustakamateri.web.id/pemanfaatan-sumber-daya-alam-dalam-kegiatan-ekonomi/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cahaya Edukasi Template by Ipietoon Cute Blog Design